TIPS AGAR SABLON GAMBAR PADA KAOS TETAP UTUH

Siapa sih yang tidak suka dengan kaos? Pakaian yang simple dan praktis ini memang disukai oleh semua kalangan khususnya mahasiswa di kota jogja tercinta ini.

Apabila anda adalah mahasiswa jogja pecinta kaos, baik kaos polos maupun kaos sablon tentunya akan berhati-hati sekali dalam merawat kaos kesayangan anda, terlebih lagi kaos yang bersablon dan mahal harganya serta satu-satunya pula. Memang benar, kaos yang bersablon membutuhkan perawatan yang lebih sulit dari pada kaos polos. Apabila anda tidak merawatnya dengan benar maka alhasil sablon yang ada pada kaos kesayangan anda akan rusak. Berikut ini adalah tips agar sablon pada kaos anda tetap awet dan utuh.

Sebelum dicuci, kaos sablonan tersebut sebaiknya disetrika terlebih dahulu.

Saat menyetrika, dilapisi kertas HVS agar sablonan tidak rusak dan tidak lengket pada setrika.

Jangan merendam kaos terlalu lama.

Ketika anda mencuci kaos sablon, janganlah merendamnya dengan detergent terlalu lama, usahakan tidak lebih dari 30 menit. Rendaman yang terlalu lama dapat menyebabkan sablonan cepat rusak. Oleh karena itu, apabila anda memakai kaos dengan sablonan, usahakan untuk tidak terlalu kotor agar tidak memerlukan perendaman yang terlalu lama.

Jangan menyikat kaos

Ada orang yang hobi menyikat saat mencuci. Tidak puas rasanya apabila mencuci pakaian tanpa menyikat. Sikatan pada sablonan kaos dapat menyebabkan sablonan cepat mengelupas. Selain itu, hindari juga pengucekan dan perasan yang terlalu kuat karena dapat menyebabkan sablon pada kaos menjadi kusut dan mudah mengelupas.

Jangan menggunakan mesin cuci.

Apabila anda ingin kaos polos dan sablonan anda tetap awet dan nyaman dipakai, tidak melar kesana kemari, sebaiknya dicuci dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Ketika dicuci denga mesin cuci, kaos dan pakaian lain akan diputer kesana kemari sehingga serat pada kaos akan melar. Pada kaos sablonan, terutama sablonan karet, putaran pada mesin cuci bisa menyebabkan sablonan cepat rusak dan mengelupas.

Dijemur terbalik

Kontak langsung dengan sinar matahari membuat sablonan cepat mengelupas. Oleh karena itu, usahakan menjemurnya dengan cara dibalik agar sablonan tidak mengalami kontak langsung dengan sinar matahari. Dan untuk menjaga bentuk kaos, jangan menggantung kaos dengan hanger dalam keadaan basah. Karena beban berat pada kaos bisa menyebakan leher kaos jadi melar.

Jangan menggunakan pemutih

Zat kimia pada pemutih bisa menyebabkan sablon pada kaos anda cepat luntur dan mengelupas.

Jangan menyetrika kaos dalam keadaan basah atau setengah kering

Menyetrika kaos dalam keadaan basah atau setengah kering dapat menyebabkan serat kain menjadi melar. Oleh karena itu, menyetrikalah saat kaos sudah benar-benar kering.

Jangan dipakai untuk tidur

Bila anda ingin kaos kesayangan anda tidak kusut dan tetap bagus, sebaiknya jangan dipakai untuk tidur, dan pakailah seperlunya saja.

Demikian tips agar gambar sablon pada kaos anda tetap utuh. Semoga bermanfaat.

washing-care-instruction-1

Sumber: http://kaospolosjogja.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.