Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

Apabila Anda berkunjung ke Yogyakarta seolah terasa ada yang kurang apabila tidak membawa oleh-oleh untuk kerabat atau teman Anda. Apa saja oleh-oleh yang dapat Anda temukan di Yogyakarta?

1.Batik

Batik cocok dijadikan sebagai oleh-oleh apabila anda mengunjungi kota Yogyakarta. Batik yang dijadikan sebagai oleh-oleh tak selalu harus berbentuk kain lembaran, banyak batik yang dijadikan sebagai tas, baju, sandal, sprei, sandal dan benda-benda lainnya. Untuk mendapatkan batik di Jogja sangatlah mudah, anda bisa mengunjungi pasar Beringharjo yang berada di kawasan malioboro. Apabila anda mencari di pasar Beringharjo anda akan menemukan harga yang cukup bervariasi, akan tetapi anda dapat menawar. Kualitas batik di pasar Beringharjo cukup beragam pula, anda dapat menemukan batik dengan kualitas terbaik hingga yang biasa saja. Selain di pasar Beringharjo anda juga dapat menemukan di toko batik yang banyak tersebar di daerah Yogyakarta.

2. Gudeg

Gudeg yang menjadi makanan khas kota Yogyakarta ini menjadi makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Anda dapat memilih gudeg kering untuk dijadikan oleh-oleh karena lebih awet apabila dibawa pergi jauh. Makanan yang memiliki cita rasa manis ini banyak ditemui di daerah Wijilan, harga gudeg cukup bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

3. Wedang Uwuh

Wedang dalam bahasa jawa berarti minuman, sedangkan uwuh memiliki arti sampah sehingga secara lengkap memiliki arti minuman sampah. Sepintas memang terasa aneh dengan namanya, namun minuman ini aman dikonsumsi dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Minuman wedang uwuh ini perpaduan antara daun cengkeh, kayu manis, jahe, kayu secang dan gula batu sebagai pemanis. Bahan-bahan yang sangat beragam inilah yang menjadi alasan pemberian nama wedang uwuh, hal tersebut dikarenakan ketika dimasukan seolah terlihat seperti sampah. Rasa wedang uwuh sangat nikmat dan baik untuk kesehatan karena berasal dari bahan-bahan yang alami. Warna merah yang diperoleh dari kayu secang semakin membuat menarik, terlebih dipadukan rasa manis dari gula batu serta sensasi hangat yang diperoleh dari jahe.

4. Bakpia

Bakpia merupakan camilan khas Yogyakarta yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Kue yang berisi kacang hijau ini memiliki tekstur lembut, sehingga dapat dinikmati oleh seluruh kalangan usia. Harga bakpia cukup terjangkau serta terdapat pilihan rasa yang beragam. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Yogyakarta ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta, namun pusat pembuatan bakia berada di daerah Pathok.

5. Salak

Salak  merupakan buah yang memiliki rasa manis ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Adanya Gunung Merapi menjadikan tanah disekitarnya menjadi subur sehingga cocok ditanami buah salak.

6. Kerajinan Perak

Kerajinan perak dapat dijadikan sebagai oleh-oleh saat anda mengunjungi Kota Yogyakarta. Kerajinan perak banyak di produksi oleh masyarakat Kotagede, anda dapat mengunjungi sentra pembuatan perak atau ke rumah penduduk yang memproduksi secara langsung.

Comments are closed.