Kaos lokal khas Jogja

Jogja dikenal sebagai kota seni, banyak seniman yang berkreasi dengan berbagai media. Salah satu hasil kreasi seniman Jogja adalah kaos. Kaos hasil produksi dari Jogja sudah melegenda hingga seluruh penjuru tanah air. Kaos juga menjadi salah satu cinderamata wajib bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke kota wisata budaya ini. Berikut ini adalah beberapa merk kaos Jogja yang telah melegenda:

Dagadu Djokdja

Berbicara kaos dari Jogja tidak bisa terpisahkan dari merk satu ini Dagadu Djokja. Merk kaos ini begitu populer hingga ke seluruh Indonesia. Berkat kreatifitaslah yang mengubah produk kaos oblong biasa ini menjadi begitu fenomenal. Kaos Dagadu lain daripada yang lain karena desain-desainnya yang kreatif, cerdas, akrab, penuh humor dan selalu menyajikan nilai-nilai lokal yang merepresentasikan identitas Jogjakarta.

Desain kaos dengan gambar yang lucu dan tulisan yang menyentil penuh sindiran pada kehidupan sosial sering membuat orang tersenyum. Berawal pada tahun 1994 berkat ide berani dan gila dari sekelompok mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur UGM. Ketika itu komunitas mahasiswa yang memiliki minat pada masalah perkotaan dan pariwisata ini mendapatkan tawaran untuk menjalankan kios kaki lima di Malioboro Mall, kemudian anggota komunitas yang berjumlah 25 orang ini patungan untuk mengumpulkan modal untuk menyambut tawaran itu. Dan hasilnya sungguh mencengangkan karena kini omzet kaos Dagadu Djokja telah mencapai milyaran per bulannya.

Dagadu ini merupakan nama yang diambil dari istilah slang anak muda Jogja yang artinya : “Matamu” sebuah kata yang merupakan konotasi dari ungkapan kemarahan. Dan kini Dagadu telah menjadi merk dagang kaos yang tidak bisa terpisahkan dengan kota Jogjakarta.

JAPE METHE

Satu lagi merk kaos dari Kota Jogjakarta yaitu JAPE METHE yang dalam bahasa Jawa bermakna “Cahe Dhewe” dan dalam Bahasa Indonesia berarti “Teman Sendiri”. Melihat Jogja sebagai kota wisata utama di Indonesia membuat pendiri JAPE METHE berpandangan bahwa semua adalah teman. Kaos JAPE METHE berkeinginan untuk mengenalkan keramahtamahan masyarakat Jogja dan keunikan dari kota Jogjakarta.

Desain-desain kaos JAPE METHE selalu mengangkat tema tentang Kota Jogjakarta dan kebiasaan masyarakatnya. Desainnya yang unik dan nakal dengan sentuhan seninya yang berkonsep tradisional dan modern menyajikan kekhasan yang mudah diingat oleh para wisatawan dan masyarakat pada umumnya.

Dengan desain kaosnya JAPE METHE memberikan warna tersendiri tentang keunikan Kota Jogja. Dengan tag line “No Jogja without JAPE METHE” mereka ingin menyasar pasar wisatawan sebagai oleh-oleh khas atau cinderamata dari Kota Jogja.

Selain dua merk diatas masih ada lagi merk-merk kaos dari Jogjakarta seperti Kaos Gareng, Kaos Mrongos, Kaos Gayeng, kaos Capung dan lain-lain. Saat ini tidak susah buat kalian untuk membuat kaos khas jogja dengan merek sendiri. Cukup dengan berbelanja kaos polos dan mencari jasa sablon kaos terdekat. Yang penting adalah orisinalitas ide dan kreatifitas. Tunggu apa lagi? wujudkan designmu sekarang dab!

Sumber: http://kaospolosjogja.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.