8 Teknik Sablon Khusus Untuk Membuat Kaos Anda Menjadi Unik

Jika Anda mau desain kaos Anda unik dan beda daripada yang lain, cobalah menggunakan teknik – teknik khusus sablon manual yang akan dibahas pada artikel ini. Teknik – teknik sablon tertentu dapat memberikan berbagai hasil yang mengagumkan. Selain terlihat menakjubkan, efek – efek khusus dapat memberikan sudut pandang tersendiri di mata para pembeli, dan dapat berharga lebih tinggi daripada kaos hasil sablonan biasa, karena biasanya, produk yang unik dan berbeda akan berharga lebih tinggi.

Tinta Sablon Discharge

Tinta discharge dapat melepaskan warna – warna sintetis dari kaos, dan meninggalkan warna alami dari serat kain (biasanya hanya berupa warna pudar saja). Warna – warna tersebut kemudian akan digantikan dengan menggunakan tinta discharge tersebut untuk menghasilkan suatu warna baru.


Keuntungan: Tinta discharge yang digunakan pada kaos – kaos berwarna gelap dapat menghasilkan suatu warna yang padat dan tekstur yang halus (misalnya rasa “halus” saat disentuh oleh tangan telanjang). Tinta discharge sangat berguna terutama jika kita menggunakannya pada kaos – kaos berwarna gelap (misalnya hitam). Teknik alternatif lain untuk melakukan pencetakan warna pada kaos – kaos berwrana gelap membutuhkan suatu lapisan “dasar” berwarna putih (yang dihasilkan dari tinta berwarna putih), untuk menjamin opasitas warna, dan memastikan agar warna yang dihasilkan cukup tebal dan padat.

Kelemahan: Karena tidak mungkin kita dapat mengetahui bagaimana setiap baju atau bahan pakaian dapat bereaksi dengan tinta discharge, pencocokan warna semata tidak dapat sepenuhnya menjadi jaminan, karena bisa saja terjadi perpaduan, perubahan, atau pencampuran warna pada proses pencetakan ini.

Tinta Sablon Photochromic

Tinta sablon photochromic, atau tinta UV-reaktif, hampir berwarna transparan ketika dilihat dalam ruangan gelap, tetapi dapat dilihat jelas di bawah sinar matahari (di luar ruangan). Jenis sablon ini masih belum banyak ditemukan di Indonesia.

Keuntungan: Efek  – efek mengagumkan dapat dihasilkan dengan melakukan pencetakan yang mampu memperlihatkan dua jenis desain yang berbeda – satu di dalam ruangan, dan lainnya berada di luar ruangan.

Kerugian: Warna – warna yang dapat digunakan terbatas.

Tinta Menyala / sablon glow in the dark

Tinta menyala, sesuai dengan namanya, berbeda dengan tinta lainnya karena dapat menyala dalam gelap. Dalam suasana yang terang, tinta ini akan terlihat semi – transparan.

Keutungan: Orang – orang dapat menemukan kita dalam gelap

Kerugian: Tinta ini bekerja secara maksimal hanya jika diberikan kepada bahan – bahan kain dengan warna dasar gelap

Sablon Foil

Pencetakan foil merupakan suatu pencetakan yang terdiri dari dua proses, yang meninggalkan suatu “tanda” metalik terang pada baju. Pertama, baju akan disablon, dengan menggunakan suatu perekat, lalu dikeringkan. Selembar foil kemudian akan dipanaskan, dan ditempelkan kepada gambar yang dihasilkan oleh perekat tersebut. Ketika proses tersebut selesai, foil akan menempel dengan gambar tersebut, dan bagian yang berlebih akan dibuang.

Keuntungan: Pencetakan foil merupakan metode terbaik dalam menciptakan efek metalik (bling bling!)

Kerugian: Karena pencetakan ini terdiri dari dua proses, pencetakan foil tidak dapat menghasilkan suatu desain yang benar – benar bagus, memiliki tingkat detail yang tinggi, dan biasanya tidak terlalu tahan dengan aktivitas pencucian daripada baju – baju hasil metode pencetakan yang lainnya.

Sablon Metalik

Tinta metalik dapat menghasilkan suatu efek bersinar, berkelap – kelip, daripada cat mobil metalik. Penyablonan metalik lebih murah daripada pencetakan foil, tetapi efek yang dihasilkan tidaklah sama.

Sablon Glitter

Seperti halnya pencetakan foil dan tinta metalik, tinta glitter dapat dapat membuat desain yang kita buat terlihat berkelap – kelip dan sangat menarik. Teknik ini juga dapat digunakan untuk banyak warna.

Sablon Timbul/ Puff

Tinta puff dibuat dengan menggabungkan suatu campuran konsentrat warna dengan tinta. Tinta hasil pencampuran tersebut (tinta puff) biasanya digunakan untuk proses pencetakan baju dengan melibatkan suatu pipa pemanas, menghasilkan suatu tekstur berbentuk 3 dimensi. Tinta puff juga dapat digunakan untuk berbagai warna.

Sablon Flock

Pencetakan flock didapatkan dengan menambahkan suatu konsentrat warna tertentu ke dalam tinta, yang menyebabkan tinta menjadi lebih kental dan memiliki tekstur seperti beludru, yang kemudian dimasukkan ke dalam pipa pemanas.

Semua teknik pencetakan tersebut dapat digunakan untuk memberikan suatu “sentuhan” tambahan pada desain kita dan membuatnya terlihat semakin unik dan menarik.

Sumber: http://kaospolosjogja.com


Comments

8 Teknik Sablon Khusus Untuk Membuat Kaos Anda Menjadi Unik — 13 Comments

  1. nyablon bisa sih cuman dasar2nya saja klu ampe buat gambar dibaju seakan idup dgn aksen warna yg contras ituu kyanya selain pnya jiwa seni belajar extra ,, infonya mau nih pngen belajar pngen buka toko depan rumah baju kmbaran bnyak di cari dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>