10 Tujuan Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Kota Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati liburan, kota kecil yang terletak di tengah pulau jawa ini sering menjadi tujuan wisatawan karena terdapat berbagai macam tempat wisata yang dapat dikunjungi. Apa saja wisata yang wajib dikunjungi di kota Yogyakarta?

  1. Malioboro

Apabila berkunjung ke kota Yogyakarta terasa belum lengkap apabila belum menginjakkan kaki di malioboro. Malioboro merupakan suatu kawasan yang dipenuhi pedagang kaki lima dan pertokoan yang berada pusat kota, sehingga cocok untuk memanjakan mata dan mencari oleh-oleh seperti baju atau pernak-pernik. Akses untuk menuju malioboro sangat mudah karena letak yang strategis, apabila dari stasiun tugu hanya perlu berjalan kaki sekitar lima menit untuk sampai di malioboro. Panjang kawasan malioboro sekitar dua kilometer yang memiliki ujung di titik nol kilometer.

  • Kraton Yogyakarta

Kraton merupakan bangunan yang menjadi tempat tinggal sultan dan keluarganya. Saat berkunjung ke kraton anda dapat menikmati benda peninggalan yang serat akan  sejarah. Akses untuk menuju kraton Yogyakarta mudah dicapai, diperlukan waktu lima menit menuju arah selatan dengan berjalan kaki dari titik nol kota Yogyakarta.

  • Taman Sari

Taman sari merupakan bangunan bersejarah yang dijadikan sebagai benteng pertahanan, di dalamnya terdapat bangunan yang dulu dijadikan untuk masjid, tempat pemandian, serta tempat untuk mengintai musuh. Akses untuk menuju taman sari dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 15-20 menit apabila dari kraton Yogyakarta, selain itu anda hanya memerlukan waktu sekitar 5-10 menit apabila menggunakan becak, andong, atau ojek.

  • Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan pantai yang terletak di pesisir selatan pulau jawa. Pantai yang dapat ditempuh dalam waktu satu jam dari pusat kota Yogyakarta memiliki pesona dan serat dengan kebudayaan Yogyakarta.

  • Gumuk Pasir

Gumuk pasir merupakan wisata yang wajib dikunjungi apabila ke Yogyakarta karena keberadaan gumuk pasir hanya ada dua di dunia yaitu di Mexico dan Yogyakarta. Gumuk pasir merupakan gundukan pasir yang terbentuk secara alami dengan jangka waktu yang cukup lama.

  • Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan merupakan suatu kawasan wisata yang terletak di bagian selatan Yogyakarta, lebih tepatnya di daerah Imogiri Bantul. Waktu yang diutuhkan untuk menuju Hutan Mangunan sekitar satu jam dari pusat kota Yogyakarta. Hutan Mangunan cocok dikunjungi pagi hari sehingga masih terdapat kabut yang menutupi daerah tersebut, sehingga seperti sedang berada di atas awan.

  • Hutan Pinus

Hutan pinus berada di daerah Imogori Bantul sangat cocok untuk digunakan sebagai tujuan wisata alam, kawasaan tersebut masih terdapat banyak pepohonan sehingga udara di kawawasan tersebut masih sejuk. Jarak yang dibutuhkan untuk menuju Hutan Pinus sekitar satu jam dari pusat Yogyakarta, jalanan menuju hutan pinus sedikit menanjak namun tidak terjal sehingga nyaman untuk dilalui.

  • Kaliadem

Kaliadem merupakan tempat wisata yang berada di sisi utara Yogyakarta, lebih tepatnya berada di lereng gunung merapi. Lokasinya yang berada diketinggian dan alam yang masih indah menciptakan suasana yang sejuk. Oleh karena itu tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata alam ketika berada di Yogyakarta.

  • Pantai-Pantai di Gunung Kidul

Selain pantai Parangtritis, Yogyakarta memiliki destinasi pantai pasir putih yang mempesona. Lingkungan alam di jajaran pantai gunung kidul masih terjaga sehingga tepat dijadikan wisata alam. Jarak tempuh menuju pantai-pantai di Gunung Kidul antara 2-3 jam, jalur yang dapat ditempuh yaitu melalui jalur kota Wonosari atau daerah Panggang. Untuk biaya retribusi hanya cukup membayar satu kali untuk mengunjungi beberapa pantai pasir putih yang memiliki jarak cukup dekat, selebihnya anda hanya perlu membayar biaya parkir di setiap pantai.

  1. Tebing Breksi

Tebing breksi merupakan tempat wisata yang berada di sisi timur Yoyakarta. Tebing Breksi merupakan lahan bekas tambang yang di manfaatkan untuk tempat wisata, batuan bekas tambang diukir dengan indah sehingga menjadi lokasi yang asyik untuk berwisata atau untuk berfoto.

Comments are closed.